Menu

Friday 31 October 2014

Cara Mengatasi HP Smartphone yang lemot

1. Selalu perbaharui perangkat Android Anda

Update Software - Ist.
Update Software – Ist.
Disetiap ponsel Android, terdapat menu Software Update yang gunanya adalah untuk menjaga dan meningkatkan kinerja dari perangkat tersebut. Ada baiknya untuk Anda selalu memeriksa ketersediaan software terbaru pada ponsel Anda, caranya yaitu dengan mengunjungi menu “Settings” lalu pilih “About Phone”, kemudian pilih System Updates, bila ada versi terbaru jangan ragu-ragu untuk segera meng-upgrade software perangkat Anda.
Namun perlu diketahui, untuk melakukan update software perangkat ini, pastikan Anda memiliki jaringan internet yang biasanya akan digunakan untuk men-download versi terbaru dari software perangkat Anda

2. Uninstall atau Disable aplikasi yang tidak digunakan

Uninstall atau Disable Aplikasi / Ist.
Uninstall atau Disable Aplikasi / Ist.
Ponsel Android memiliki aplikasi atau game yang lumayan bagus, tapi disamping itu aplikasi atau game ini juga memerlukan space atau ruang di memori internal perangkat Anda. Dan ternyata internal memori pada perangkat Anda juga berpengaruh pada kinerjanya. Semakin penuh memorinya, maka semakin lambat pula kinerjanya.
Untuk itu, bagi Anda yang merasa memori perangkat Android Anda sudah penuh, ada baiknya untuk meng-unistall atau menghapus beberapa aplikasi yang Anda anggap sudah tidak digunakan lagi. Untuk menghapus aplikasi-aplikasi apa saja yang sudah tidak digunakan, Anda bisa mengakses menu “Settings” pada perangkat Android Anda, lalu pilih “Apps” dan silahkan Anda pilih Aplikasi-aplikasi yang memang ingin Anda hapus, tapi perlu Anda ketahui ada beberapa aplikasi bawaan yang memang tidak bisa dihapus namun Anda tetap bisa menonaktifkannya dengan memilih menu “Disable“.

3. Bersihkan Cache

Bersihkan Cache - Ist.
Bersihkan Cache – Ist.
Data cache adalah data yang akan selalu muncul seiring dengan penggunaan aplikasi di perangkat Anda. Data ini juga mempengaruhi kinerja perangkat Android Anda, semakin banyak data cache maka semakin berat kinerja perangkat Anda. Untuk itu bersihkanlah data-data cache ini dengan cara ke menu “Settings” lalu pilih “Apps”.
Tapi bagi Anda yang ingin menghapus secara keseluruhan cache di ponsel Android Anda, maka Anda membutuhkan aplikasi pihak ketiga seperti Clean Master atau Cache Cleaner. Aplikasi tadi bisa Anda dapatkan di Play Store secara gratis.

4. Matikan Animasi

Matikan Animasi - Ist.
Matikan Animasi – Ist.
Di dalam menu perangkat Android terdapat animasi-animasi perpindahan dari menu satu ke menu lainnya. Anda bisa menonaktifkan menu ini dengan cara masuk ke mode developer.
Anda bisa akses ke menu “Settings” lalu pilih “About Phone” dan lakukan tap sebanyak tujuh kali pada menu “Build Number”. Setelah itu segera masuk ke menu pilihan “Developer” di bagian “Settings”. Kemudian pilih “Drawing” dan matikan “Windows Animation Scale”, “Transition Scale” dan “Animator Duration Scale”. Dan setelah itu perangkat Anda akan bekerja lebih cepat dari sebelumnya.

5. ROM-ing dan Rooting

Rooting / Ist
Rooting / Ist
Untuk tips ini, sebaiknya dilakukan untuk Anda yang benar-benar sudah mahir tentang perangkat Android secara mendalam. Sebelum melakukan rooting ada baiknya Anda mem-backup data-data Anda yang ada di perangkat Anda karena aktifitas ini akan menghapus semua data-data yang ada di perangkat Anda. Dengan me-rooting perangkat Anda, Anda dapat memacu kinerja prosesor Anda dengan cara overclocking dan menginstal ROM di perangkat Anda.

sumber: http://ciricara.com/2014/03/06/6-cara-mengatasi-smartphone-android-yang-lemot/6/

No comments:

Post a Comment